Valverde: Barcelona Memang Tak Layak Menang

8

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde menyebut timnya memang tidak layak menang saat ditekuk Granada 0-2. Valverde mengaku bertanggung jawab atas kekalahan itu.

Melakoni laga Liga Spanyol di Los Carmenes, Minggu (22/9/2019) dinihari WIB, Barca dibuat tak berkutik. Meskipun menguasai permainan dengan keunggulan ball possession 74:26, Barca kesulitan menciptakan peluang.

Statistik Whoscored mencatat, Barca melahirkan delapan percobaan tapi hanya satu yang mengarah ke sasaran. Sedangkan Granada membuat sembilan percobaan, yang empat di antaranya mengarah ke gawang dan berbuah satu gol dari Ramon Azeez di menit kedua, dan gol penalti Alvaro Vadillo di babak kedua.

Hasil ini menandai Barcelona hanya dua kali menang dalam lima pertandingan pertama di Liga Spanyol. Dengan baru mengumpulkan tujuh poin dari kemungkinan 15 poin, Barca menciptakan start terburuknya di kompetisi dalam seperempat abad.

“Pada akhirnya aktor-aktornya adalah para pemain dan pelatihnya lah yang bertanggung jawab. Saya merasa bertanggung jawab atas apa yang terjadi. Anda bisa kalah tapi ketika Anda kalah Anda harus layak menang, dan hari ini kami memang tidak pantas,” kata Valverde dilansir Omnisport.

“Granada layak mendapatkan kredit besar dan kami harus mengakuinya. Mereka selalu intens, kuat, dan mereka sangat menyulitkan kami. Gol pertama membuat mereka mengendalikan pertandingan dan mereka memukul kami di tempat yang paling menyakitkan.”

“Mereka menguasai pertandingan itu dan kami tidak bermain bagus juga karena mereka,” simpul Valverde.

Dengan kekalahan ini, Barcelona gagal kembali ke papan atas klasemen Liga Spanyol. Sang juara bertahan terdampar di peringkat ketujuh setelah baru mengumpulkan tujuh poin, tertinggal tiga poin dari Atletico Madrid di posisi ketiga dan satu poin dari Real Madrid, yang baru akan bertanding nanti malam.