Tips Mencegah Salad Buah Berubah Warna jadi Kecokelatan

3420

Buah-buahan menjadi pilihan makanan yang sehat untuk siapa pun, baik anak maupun orang dewasa. Beberapa dari Anda mungkin memotong buah-buahan dari malam sebelumnya agar Anda tinggal memakannya di pagi hari. Sayangnya, salad buah bisa berubah warna karena kontak dengan udara.

Salad buah yang berubah warna memang tidak kehilangan nutrisi atau rasa khasnya, tetapi menjadi kurang menarik atau menggugah selera. Jadi, Anda harus bisa mengakalinya agar buah-buahan yang telah dikupas di malam hari tidak berubah warna ketika akan Anda makan keesokan pagi.

Berikut adalah beberapa cara mencegah salad buah berubah warna, seperti dilansir dari Times of India. Anda bisa mencobanya malam ini.

  1. Air lemon
Baca Juga:  5 Khasiat Pisang untuk Pria, Bikin Langsing dan Jantung Sehat

Salah satu solusi yang paling efektif untuk mencegah buah berubah menjadi cokelat adalah menggunakan air lemon. Caranya, campurkan air lemon dengan air sesuai dengan banyaknya buah sampai bisa terendam seluruhnya. Rendam buah yang telah dikupas atau diiris selama lima menit. Angkat dan pindahkan buah dalam mangkuk lain. Kesegaran potongan buah akan bertahan berjam-jam.

  1. Air soda

Gunakan air soda untuk merendam buah selama lima menit. Cara ini akan membuat bertahan sampai keesokan harinya. Hanya saja, mungkin nutrisi buah akan mengalami perubahan.

  1. Madu

Tambahkan madu dan campur dengan air hangat. Pastikan takaran madu tetap proporsional dengan buah yang digunakan. Celupkan buah-buahan dalam larutan selama sekitar 30 detik. Angkat dan tiriskan agar sisa airnya menetes. Trik ini akan membuat potongan buah tetap segar hingga delapan jam.

  1. Air garam
Baca Juga:  5 Khasiat Pisang untuk Pria, Bikin Langsing dan Jantung Sehat

Cara ini yang paling banyak digunakan. Jika tak punya lemon atau madu di dapur, garam pasti ada kan? Campur garam dengan air dengan jumlah yang cukup, lalu rendam irisan buah selama lima menit. Setelah itu tiriskan cairan, salad buah akan segar selama beberapa jam. Untuk hasil terbaik disarankan menggunakan garam laut daripada garam meja biasa.