Menperin: Industri 4.0 Bisa Tingkatkan Ekonomi Riil 1 Sampai 2 Persen

4134

Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto menilai revolusi industri akan mempercepat peningkatan daya saing sektor industri nasional.

“Industry 4.0 adalah usaha besar yang dapat meningkatkan ekonomi riil Indonesia sebesar 1-2 persen. Pertumbuhan ekonomi ini harus bisa dinikmati oleh setiap orang dari berbagai kalangan di Indonesia, mulai dari bisnis-bisnis skala kecil hingga masyarakat umum,” ucap Menperin dalam acara Grab for Good di Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Menurut Menperin, satu-satunya cara meraih kesuksesan industri dengan memastikan setiap pihak benar-benar menjalankan fungsinya.

“Program Grab for Good ini merupakan sebuah komitmen nyata dari sektor swasta untuk menyediakan teknologi dan alat bantu yang diperlukan wirausahawan mikro dan bisnis skala kecil,” ucapnya.

Baca Juga:  Ribuan Mahasiswa Malang Ikut Gelar Demo

Anthony Tan, Group CEO & Co-founder, Grab menambahkan, inti dari program Grab for Good adalah membangun sebuah platform yang inklusif, berdampak positif, dan berkelanjutan di setiap negara.

“Grab untuk mendukung setiap orang dan bisnis skala kecil dengan kemampuan teknologi yang krusial, serta sebagai pembekalan agar bisa berkembang dalam ekonomi digital baru,” urai Anthony.

Menurutnya, lebih dari 9 juta wirausahawan mikro se-Asia Tenggara mendapatkan penghasilan melalui platform Grab.

Mereka menjadi mitra pengemudi, mitra pengantaran, merchant ataupun agen.

Sebanyak 21 persen mitra pengemudi Grab tidak memiliki pekerjaan sebelum bermitra, dan 31 persen mitra agen tidak memiliki sumber pendapatan sebelum bergabung dengan Grab-kudo.