Jogja Volkswagen Festival 2019, Catat Rangkaian Acara Serunya

19

Yogyakarta – Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2019 siap digelar pada 9-10 November 2019 di Jogja Expo Center Yogyakarta.

Namun, sebelum menginjak hari pelaksanaannya, ada sederet rangkaian seru yang mengawali event besutan komunitas Volkswagen Club Yogyakarta (VCY) itu.

“Even tahun ini kami buat lebih padat dibanding tahun sebelumnya,” ujar Ketua JVWF 2019, Tjahjo Widjojono Jumat 20 September 2019.

Adapun rangkaian kegiatan menuju JVWF 2019 itu panitia menyelenggarakan beberapa kegiatan.

Dimulai dengan acara Road to JVWF. Kegiatan ini akan dilaksanakan di bulan Oktober, setiap hari Selasa, mulai jam 19.00 di Asmara Coffe Shop Jalan Tirtodipuran, Yogyakarta.

Dalam kegiatan ini musisi atau band-band lokal yang akan mengisi panggung musik JVWF, akan tampil atau nge-jam bareng, sekaligus menjadi ajang kumpul dan diskusi sejumlah seniman yang terlibat di ajang JVWF 2019.

Lalu ada pula, 201 on Jogja. Ini merupakan ajang balap drag race VW yang juga menjadi bagian dari Seri Drag VW Indonesia. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Sirkuit Landasan Udara Gading, Gunungkidul, Yogyakarta, pada tanggal 2-3 November 2019. Dalam even ini peserta memperebutkan piala Ketua Umum Volkswagen Indonesia dan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU).

Tjahjo mengatakan tema yang diangkat dalam penyelenggaraan JVWF ke empat kalinya ini adalah Soul Of Hero. Tema itu dipilih bukan saja karena penyelenggaraannya bertepatan dengan hari Pahlawan Nasional 10 November.

Tetapi lebih kepada semangat untuk mempertahankan cita-cita agar Yogyakarta dan Indonesia lebih dikenal di dunia khususnya dalam konteks event yang berkaitan dengan Volkswagen (VW) klasik maupun kustom.

Ajang JVWF 2019 pun terinspirasi ungkapan Bung Hatta, Wakil Presiden Indonesia pertama tentang sosok pahlawan. Hatta berujar, “Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita,”

“Kata-kata Bung Hatta inilah yang menyemangati kami untuk tetap setia menyelenggarakan JVWF, ” ujarnya.

Kini cita-cita itu mulai nampak hasilnya. JVWF dinilai masih dan tetap diakui sebagai salah satu event VW di dunia. Yang sejajar dengan event-event VW yang ada di Eropa dan Amerika yang sudah hadir dan diadakan puluhan kali.

“Ini tentunya menjadi kabar yang menggembirakan, karena dibalik cita-cita itu tujuan JVWF untuk mempromosikan pariwisata Yogyakarta khususnya dan Indonesia sudah terlihat capaiannya,” ujarnya.

Even kali ini Jogja Volkswagen Festival bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari pelaku pariwisata seperti hotel dan travel agent, pegiat seni dan juya pemerintah daerah.