Dorong Tranparansi Pelayanan Publik ,Pemda Mubar Akan Terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

5

MUNA BARAT, NUL-NUL SULTRA.COM- Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemda) Muna Barat (mubar) akan menerapkan sistem pemerintahan secara elektronik sebagai upaya mendorong transparasi pada pelayanan pemerintahan sehingga bisa di akses oleh publik.

Sekertasir Daerah (Sekda) Mubar, LM.Husein Tali mengungkapkan bahwa program tersebut sebagai upaya menindak lanjuti Kepres Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elekteonik (SPBE).

“untuk meningkatkan sistem pemerintahannya berbasis elektronik, lalu mengefaluasi diri dan membuat perencanaan apa yang harus dilakukan berdasarkan hasil efaluasi tersebut”, terangnya saat di temui di ruang kerjanya, selasa (8/10/2019)

Khusus di Mubar, Sekda Mubar mengaku penerapan sistem tersebut masih tahap awal dan semua SKPD sementara mengecek sistem yang di gunakan, Mulai dari ketersediaan jaringan dan sebagainya. Selanjutnya semua SKPD akan melaporkan lalu di buat perencanannya kedepan.

“sebenarnya SKPD sudah melakukan sistem ini hanya belum efektif dan tempatnya juga masih terpencar-pencar sehingga tidak fokus”,terangnya.

Dengan adanya kepres ini tentu segala sesuatu akan di lakukan perbaikan sesuai dengan rambu-rambu yang di tentukan.
“Rambu-rambunya itu ada memang di Menpan RB.jadi semua kantor-kantor pelayanan bisa di akses oleh publik. Bagaimana pelayanan di Dinas sosial,Pelayanan di LPSE,di sekolah “,terangnya.

Langkah ini juga untuk mengukur kinerja pemda Mubar sekaligus mengantisipasi pelayanan pemerintah yang di peruntukan untuk kepentingan golongan atau kelompok tertentu.

Dalam penerapan siatem tersebut, Sekda mengaku masih memiliki kendala dalam ketersediaan jaringan internet sehingga perlu ada kordinasi dengan pihak penyedia jasa.

“Tekait jaringan internet, kita akan melakukan kordinasi dengan pihak tertentu sehingga program tersebut bisa berjalan dengan efektif”,pungkasnya.